TASPEN DAN BANK SULTRA TANDA TANGANI KERJA SAMA, KREDIT PNS DAN PENSIUNAN SEMAKIN MUDAH

TASPEN tak henti-hentinya melakukan kerjasama dengan berbagai mitra bayar demi meningkatkan layanan dan mensejahterakan PNS dan pensiunan PNS melalui berbagai produk jasa keuangan yang difasilitasi oleh bank. Kali ini pada Kamis (22/12) PT TASPEN (PERSERO) dan Bank SULTRA sepakat untuk lakukan perjanjian kerja sama mengenai pemberian fasilitas kredit bagi Pegawai Negeri Sipil Aktif dan Pensiunan Pegawai Negeri Sipil yang menjadi nasabah Bank SULTRA

Perjanjian kerjasama ini merupakan lanjutan TASPEN dan Bank SULTRA yang sudah terjalin baik, dimana BANK SULTRA telah menjadi mitra bayar untuk peserta TASPEN yang berada dalam wilayah kerja TASPEN Kantor Cabang Utama Makassar, untuk membayarkan berbagai hak dan manfaat kepesertaa, yaitu dana pensiun, tabungan hari tua, asuransi multiguna, dan jaminan kecelakaan kerja serta jaminan kematian. “Bank Sultra sebagai kantor bayar Taspen terus melakukan inovasi dalam melayani para pensiunan, kami memutuskan untuk melanjutkan kemitraan ini,” kata Iqbal.

2a8a0138Dengan adanya perjanjian kerjasama ini, maka para PNS dan Pensiunan dapat memperoleh fasilitas pinjaman dari Bank SULTRA yang besarannya dihitung berdasarkan gaji pokok. Sehingga harapan TASPEN adalah, bahwa Pegawai Negeri Sipil dapat benar-benar bisa mempersiapkan masa pensiun tanpa khawatir akan permasalahan finansial. Kemudian, para pensiunan dapat menjalani masa purna bhakti dengan sejahtera karena tetap mendapatkan pemasukan.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama TASPEN, Iqbal Latanro, dan Direktur Utama Bank SULTRA, Khaerul Kemala Raden, di Kantor Pusat PT TASPEN (PERSERO), Cempaka Putih, Jakarta.  Adapun dari sisi bisnis, perjanjian kerjasama ini akan menguntungkan kedua pihak, “Taspen memperoleh pendapatan dari fee based income dari imbal jasa pemeliharaan data PNS aktif dan pensiunan yang menjadi debitur di Bank Sultra. Sementara Bank Sultra dapat meningkatkan layanan bagi peserta yang menggunakan fasilitas kredit,” ujar Iqbal.2a8a0160

Potensi yang dimiliki oleh outcomes perjanjian kerjasama ini sangat besar, dimana tercatat terdapat 3.600 PNS yang menjadi nasabah Bank SULTRA, baru 50% yang mendapatkan fasilitas kredit. Sehingga dengan adanya perjanjian kerjasama ini diharapkan akan meningkatkan jumlah tersebut. Jumlah itu akan terus kita tingkatkan seiring dengan perluasan kerja sama dengan Taspen” kata Direktur Utama Bank SULTRA, Khaerul.

Saat ini jumlah peserta Taspen mencapai 6,8 juta, terdiri atas peserta aktif sebanyak 4,4 juta, dan peserta pensiunan sebanyak 2,4 juta yang tersebar di seluruh Indonesia. (*FDL)