TASPEN DAN PEFINDO SINERGI DATA INFORMASI

Jakarta (14/02/17) – Bagi TASPEN, data peserta adalah hal prioritas dalam operasional bisnis dan layanan. Untuk itu, kami selalu berupaya melakukan berbagai usaha agar data peserta TASPEN dapat terjaga, realtime, akurat, dan update. Data merupakan komponen inti sebagai dasar atas perhitungan   hak dan manfaat yang diberikan TASPEN kepada peserta selaku pengelola jaminan sosial bagi Aparatur Sipil dan Pejabat Negara; dengan program Tabungan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Dana Pensiun, dan Jaminan Kematian. Maka dari itu, data peserta harus selalu terjaga dan terus update untuk mendukung pelaksanaan bisnis dan tanggung jawab TASPEN kepada pemerintah.

2a8a5289

Pada hari Selasa (14/02) , PT TASPEN (PERSERO) dan PT PEFINDO Biro Kredit sepakat untuk mengadakan Perjanjian Kerja Sama tentang Pemanfaatan Akses Data Peserta dan Informasi Perkreditan. Penandatanganan dilakukan di Kantor Pusat Taspen di Cempaka Putih oleh Direktur Utama PT TASPEN (PERSERO) Iqbal Latanro, dan Direktur Utama PT PEFINDO Ronald T. Andi Kasim. Acara penandatanganan perjanjian kerja sama ini juga dihadiri oleh jajaran direksi dan manajemen dari kedua belah pihak, baik TASPEN maupun dari PEFINDO.

Adapun TASPEN dan PEFINDO menyepakati untuk melakukan sinergi data yang dimiliki, yaitu data peserta TASPEN dan data informasi perkreditan yang dihasilkan oleh PEFINDO. Perjanjian kerja sama ini akan meningkatkan fungsi TASPEN dalam hal update dan monitoring data, terkait identitas dan rasio antara kewajiban keuangan dan penghasilan peserta. Output dari perjanjian kerja sama ini adalah, meningkatnya kualitas informasi, meminimalkan asymetric information, dan meningkatkan akses pembiayaan yang iklusif bagi peserta.

TASPEN akan mendapatkan laporan secara periodik dari PEFINDO yang dapat digunakan sebagai sumber data untuk program pemantauan pengkinian data, khususnya tentang pinjaman kredit yang dilakukan oleh peserta TASPEN. Kemudian lebih lanjut, perjanjian kerjasama ini bermanfaat sebagai manajemen risiko operasional dan pelaksanaan fungsi dan tugas TASPEN, sesuai yang diamanahkan dalam peraturan perundang – undangan.

Bagi pefindo, Perjanjian kerjasama ini merupakan sebuah terobosan, karena data yg dimiliki tidak hanya tentang perkreditan, tetapi juga ditambah dengan data peserta TASPEN. Dengan sinergi tersebut, peserta TASPEN akan lebih mudah mengajukan proses pengkreditan/ pembiayaan pegawai negeri sipil, karena historis data terekam dengan baik, sehingga proses pengajuan menjadi lebih cepat. TASPEN juga berharap bahwa di masa yang akan datang, kerja sama ini akan dapat turun membantu penurunan tingkat NPL bahkan sampai 0%