BUMN HADIR UNTUK NEGERI : TASPEN BERANGKATKAN 20 PESERTA SMN 2017 PROVINSI MALUKU

IMG_5083_1

Ambon (16/07/17) – TASPEN bersama Kementerian BUMN telah melaksanakan program “BUMN Hadir Untuk Negeri” secara berkesinambungan sejak tahun 2015 sebagai komitmen sebagai bagian dari agen pembangunan yang turut serta membangun kapasitas nasional. Tahun 2017, TASPEN selaku PIC dan PERINDO selaku CO-PIC ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menyelenggarakan rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah Provinsi Maluku, yang terdiri dari kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN), Bedah Rumah Veteran, Upacara Bendera Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, dan Jalan Sehat 5 kilometer .

IMG_5099Pada Minggu (16/7) TASPEN dan PERINDO resmi melepas 20 orang peserta Siswa Mengenal Nusantara 2017 yang diseleksi bersama  dengan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku. Pelepasan Peserta SMN 2017 dilakukan di Rumah Dinas Gubernur, oleh Wakil Gubernur Maluku  Zeth Sahuburua, Direktur Umum TASPEN Bagus Rumbogo, Direksi PERINDO, serta diikuti perwakilan Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan, dan Dinas pariwisata Provinsi Maluku. “Kegiatan SMN ini sangat bagus untuk membuka wawasan tentang budaya, kearifan lokal daerah, dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi siswa-siswi yang berpotensi” ujar Bagus Rumbogo selepas acara pelepasan berlangsung.

Peserta SMN 2017 merupakan siswa-siswi putra daerah berprestasi dengan komposisi 10 siswa dari Sekolah Menengah Atas, 8 siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan, dan 2 siswa penyandang disabilitas dari Sekolah Luar Biasa. Para peserta yang telah melakukan proses seleksi adminstrasi, tes tertulis dan tes wawancara ini sebelumnya telah dikumpulkan oleh tim panitia pada Sabtu (15/7) di Ambon untuk menerima materi pembekalan dan persiapan sebelum diberangkatkan ke provinsi tujuan. Peserta SMN 2017 dari Provinsi Maluku akan diberangkatkan dan melakukan pertukaran dengan Peserta SMN Provinsi Nusa Tenggara Timur dan akan tinggal bersama keluarga angkat serta membaur bersama penduduk setempat untuk mengenal keragaman budaya, kekayaan alam, potensi daerah, dan kewirausahaan provinsi yang dikunjungi.

Selain SMN 2017,  TASPEN juga laksanakan rangkaian kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri lainnnya yaitu siap melakuan Bedah Rumah Veteran sejumlah 40 unit rumah, Jalan Sehat 5 kilometer di kawasan Patung Tugu Laimena, dan Upacara Bendera Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 di Kota Piru Kabupaten Seram bagian Barat. Kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebangsaan sebagai Warga Negara Indonesia sehingga ke depannya Indonesia mampu menjadi negara kesatuan di tengah keberagaman dan perwujudan semboyan Bhineka Tunggal Ika. (FAD)