CINTA BUMN UNTUK PULAU LIRAN DAN PULAU MOA

Kementerian BUMN bersama BUMN seluruh Indonesia yang tergabung di dalamnya terus tunjukkan bukti nyata kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri. Pada Senin (7/8) Menteri BUMN Rini Soemarno dan sejumlah Direktur Utama BUMN terkait lakukan kunjungan kerja ke Pulau Liran dan Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku.

Kehadiran BUMN di tanah Maluku ini sejalan dengan niat nawacita yang diamanatkan oleh Pemerintah Republik Indonesia terutama untuk mendorong pembangunan, kemajuan, dan perkembangan Kawasan 3T (tertinggal, terluar, dan terdepan).

Pulau Moa dan Pulau Liran dipilih menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan dikarenakan wilayah tersebut adalah daerah yang berada dalam perbatasan Indonesia dan Timor Leste. Dengan begitu diharapkan dapatmenumbuhkan jiwa nasionalisme warga pulau yang terletak jauh dari perkotaan yang berada di ujung timur maluku.

“Kami bertanggung jawab memikirkan kesejahteraan bapak ibu warga Maluku Barat Daya. Ini baru permulaan, Insya Allah BUMN akan terus membantu masyarakat di pulau ini untuk menjadi sejahtera,” ujar Menteri Rini.

TASPEN selaku koordinator rangkaian Kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Maluku turut terlibat dan berkontribusi langsung untuk mewujudkan komitmen bersama Kementerian BUMN.  Direktur Utama TASPEN Iqbal Latanro bersama Menteri BUMN Rini Soemarno serahkan bantuan sejumlah tiga ratus juta rupiah untuk program renovasi perumahan guru yang berada di wilayah Pulau Liran dan Pulau Moa.

IMG_7939Menteri BUMN juga menyerahkan sejumlah bantuan, antara lain bantuan renovasi gereja, sekolah, bantuan peralatan sekolah, mobil angkutan desa dan hasil bumi, elektrifikasi rumah warga, sekolah dan lampu jalan, pembangunan sumur bor dan fasilitas MCK.

Terlibat dalam kegiatan tersebut sebanyak 10 BUMN, yakni TASPEN, BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri, Jasa Raharja, Kimia Farma, Pertamina, PLN, dan Telkom Indonesia. Seluruh peserta kegiatan juga lakukan aksi pengibaran bendera merah putih sebagai bukti nyata kecintaan kepada NKRI. (*FADHLI)