KERJA BERSAMA TASPEN UNTUK KINERJA DAN MANFAAT MAKSIMAL

SAMBUTAN DIREKTUR UTAMA
PADA UPACARA BENDERA HUT KEMERDEKAAN
REPUBLIK INDONESIA KE-72
17 AGUSTUS  2017

dIsampaikan oleh Dir. Operasi Ermanza

Yang kami hormati Anggota Dewan Komisaris PT TASPEN (PERSERO);
Yang kami hormati, mantan anggota Direksi PT TASPEN (PERSERO);
Yang kami hormati  Direksi PT TASPEN (PERSERO);
Yang kami hormati Direksi Anak Perusahaan;
Yang kami hormati Ketua dan Pengurus Periptas;
Yang kami hormati Ketua dan Pengurus Perpentas;
Segenap jajaran PT TASPEN dan Para Undangan yang Berbahagia.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi dan Salam sejahtera untuk kita semua, Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan kesehatan dan kekuatan bagi kita semua sehingga masih diberikan kesempatan untuk menghadiri acara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. Tujuh Puluh Dua tahun lamanya Indonesia Merdeka dan hal tersebut merupakan rahmat yang tak ternilai harganya dari Tuhan Yang Maha Esa karena kuasanya telah menggerakkan para founding fathers untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara merdeka yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian gotong royong.

Dewan Komisaris dan Saudara-saudara yang berbahagia,
Pada HUT RI ke-72 ini, tema peringatan Kemerdekaan RI di tahun ini adalah “Indonesia Kerja Bersama”. Tema ini menunjukkan bahwa pemerintah yakin dan percaya, dengan bekerja bersama dan gotong royong, akan mewujudkan Indonesia yang semakin maju di segala aspek pembangunan dan mampu mencapai target yang telah direncanakan. Tak hanya tema belaka, namun Indonesia kerja bersama adalah dharma seluruh stakeholder baik pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk saling bahu – membahu  memajukan negeri sesuai dengan perannya masing-masing dalam kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

TASPEN sebagai entitas BUMN tak lepas dari dharma Indonesia Kerja Bersama. Tentunya sebagai Pengelola Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara, TASPEN secara kontinyu menciptakan inovasi maupun pembaruan terhadap kedudukan hukum perusahaan, program layanan dan teknologi untuk mewujudkan kemudahan akses serta kesejahteraan ASN sebagai cita-cita  layanan prima TASPEN bagi peserta.

Selain kinerja layanan yang memuaskan, TASPEN pun bertanggung jawab terhadap kinerja bisnis yang sehat dan transparan. Sebab dengan kondisi bisnis yang sehat, stabil serta transparan, perusahaan dapat mencapai target kinerja yang telah ditetapkan dan mampu mempertahankan keberlanjutan program jaminan sosial yang telah TASPEN kelola selama ini bahkan lebih jauh mampu menambah manfaat yang diterima oleh peserta TASPEN.

Hadirin yang berbahagia,
Target kinerja layanan dan bisnis dapat terwujud apabila kita bersama-sama menyadari tanggung-jawab yang kita emban dan melaksanakannya dengan orientasi penuh terhadap kemajuan perusahaan. Peran masing-masing unit kerja baik sebagai core business maupun support business memainkan peran vital terhadap tercapainya sasaran strategis perusahaan.
Dengan ditetapkannya acuan untuk Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Tahun 2018 sekaligus Tema RAKERNAS TASPEN Tahun 2017 yaitu “Optimalisasi Pengembangan Bisnis melalui Peningkatan Kinerja Anak Perusahaan untuk Memberikan Nilai Tambah kepada Peserta yang didukung Teknologi Informasi dan Human Capital” memperjelas bahwa pengembangan bisnis dan nilai tambah bagi peserta dapat terwujud apabila kinerja perusahaan dan anak perusahaan menunjukkan prestasi yang memuaskan. Dengan kata lain, Kerja Bersama dibutuhkan agar TASPEN tetap eksis dan meninggalkan legacy yang baik bagi generasi yang akan datang.

Dewan Komisaris dan Saudara-saudara yang berbahagia,
Selain tugas kita sebagai BUMN untuk mencapai target perusahaan, Taspen juga wajib mensukseskan tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat sekitar. Kali ini TASPEN kembali diberi amanah dalam Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sebagai PIC penyelenggara program dimaksud di Provinsi Ambon, antara lain :
1.    Siswa Mengenal Nusantara 2017, dimana TASPEN melepas siswa Provinsi Maluku menuju Nusa Tenggara Timur dan sebaliknya.
2.    Pemberian Bantuan Bedah Rumah Veteran sebanyak 40 Rumah dengan bekerja sama dengan Kodam XVI/ Pattimura
3.    Funwalk 5 kilometer di kawasan Patung Tugu Laimena
4.    Lomba-Lomba HUT Kemerdekaan RI ke-72
5.    Pemberian Bantuan Bedah Rumah untuk Perumahan Guru di Pulau Liran dan Pulau Moa di Provinsi Maluku
6.    Upacara HUT Kemeredekaan RI ke-72 di Pulau Seram, Provinsi Maluku.
Berbagai kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72 terutama menyelenggarakan kemanfaatan umum yang bermutu dan memadai bagi hajat hidup orang banyak. Salah satunya adalah menjalankan program strategis pemerintah dalam pemerataan di daerah terpencil, terdepan, dan terluar (3T). Hal ini menunjukkan bahwa komitmen perusahaan turut peduli dan bertanggung jawab terhadap situasi dan kondisi lingkungan sekitar, tidak hanya Para Peserta TASPEN namun juga masyarakat luas.

Dewan Komisaris dan Saudara-saudara yang berbahagia
Pada kesempatan yang baik ini Saya ingin mengingatkan dan mengajak kita semua, para karyawan dan karyawati PT TASPEN (PERSERO) baik di kantor pusat maupun kantor-kantor cabang di seluruh Indonesia untuk bergotong-royong, bekerja dengan mengedepankan nilai-nilai budaya perusahaan untuk kemajuan korporasi dan kepuasan peserta.
Kepada Kantor Cabang TASPEN di seluruh Indonesia tak henti-henti saya mengingatkan kembali untuk selalu aktif dalam membangun relasi yang baik dengan para stakeholders Mitra Strategis TASPEN seperti : Pemda, KPPN, Organisasi Pensiunan, dan Stakeholder lainnya serta Mitra Bayar dalam mendukung capaian target perusahaan dan memberi pelayanan prima bagi perusahaan.
Saudara-saudara sekalian yang berbahagia,
Menutup sambutan ini, kepada  seluruh jajaran PT TASPEN (Persero) marilah kita jadikan momentum peringatan kemerdekaan ini dengan mencurahkan segala potensi dan kemampuan yang kita miliki untuk membangun bangsa dan TASPEN yang kita cintai ini. Mari kita wujudkan Indonesia dan Taspen Kerja Bersama.
Dirgahayu Republik Indonesia. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Jakarta, 17 AGUSTUS 2017
PT TASPEN (PERSERO)
Direksi,

IQBAL  LATANRO
Direktur Utama