KERJASAMA INTEGRASI DATA PNS PERMUDAH LAYANAN KEPESERTAAN TASPEN

Jakarta (30/10/17) – Untuk mendukung percepatan bisnis dan layanan kepada peserta TASPEN, PT TASPEN (PERSERO) dengan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) melalui Integrasi Data Pegawai Negeri Sipil Daerah melalui Interkoneksi Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) dan Sistem Informasi di TASPEN. Pengelolaan data secara elektronis ini berguna dalam kebutuhan data yang akurat berguna dalam penerapan iuran wajib pegawai dan premi peserta PNS. Pengelolaan data ini juga bermanfaat bagi DJPK dalam menghitung alokasi dana transfer ke Pemerintah Daerah. Adapun pelaksanaan kerjasama ini mendukung terlaksananya good governance baik pada TASPEN dan DJPK.

IMG_1052Baik Nota Kesepahaman maupun Perjanjian Kerja Sama diselenggarakan bertepatan pada Hari Oeang di Gedung Radius Prawiro Lantai 1, Kementerian Keuangan. Penandatangan dilaksanakan langsung oleh Direktur Utama          PT TASPEN (PERSERO), Iqbal Latanro, dan Direktur DJPK, Boediarso Teguh Widodo. Saat ini terdapat 484 Pemda yang telah menggunakan Aplikasi SIMGAJI TASPEN dari total 542 Pemda. Saat ini juga jumlah peserta TASPEN sebesar 6,7 juta peserta yang terdiri dari peserta aktif sebesar 4,2 juta peserta dan peserta pensiun 2,5 juta peserta. Dalam rangka menunjang layanannya untuk mengelola Jaminan Sosial bagi PNS, TASPEN telah membuka 55 kantor cabang, 14.658 titik layanan, dan bekerja sama 45 mitra bayar.

“Kami harapkan perjanjian kerja sama dan akselerasi teknologi ini dapat bermanfaat bagi peserta serta mendukung pengelolaan data PNS Daerah yang juga merupakan peserta jaminan sosial yang dikelola oleh TASPEN baik itu jaminan pensiun, tabungan hari tua, jaminan kecelakaan kerja maupun jaminan kematian sesuai prinsip good governance, “ jelas Iqbal, Direktur Utama TASPEN.

Pihak DJPK juga menjelaskan bahwa dengan kerjasama ini, Data PNS Daerah yang akurat dan lengkap sangat bermanfaat dalam penyusunan kebijakan fiskal nasional seperti kebijakan transfer ke daerah dan dana desa, dll., “Munculnya berbagai inovasi teknologi baik dalam hal layanan maupun data, sangat kami apresiasi. Ini menunjukkan bahwa TASPEN mendukung terwujudnya Indonesia yang lebih baik,” tutup Iqbal.

 

Corporate Secretary PT TASPEN (PERSERO)

Phone: +62 21 4241808