Desk Change Management Office

Change Management Office (CMO) PT Taspen (Persero) secara resmi dibentuk pada tanggal 22 Oktober 2013 sesuai dengan Surat Keputusan Direksi No. KD-23/DIR/2013 tentang Pembentukan Tim Change Management Office (CMO) PT Taspen (Persero) dan secara resmi menjadi Desk Change Management Office pada tanggal 27 November 2013 melalui Peraturan Direksi No. PD-25/DIR/2013 tentang Struktur Organisasi dan Tanggung Jawab Jabatan PT Taspen (Persero).
Latar belakang dibentuknya Desk CMO karena perusahaan menuntut untuk mengantisipasi terhadap segala perubahan yang cepat yang mempengaruhi eksistensi perusahaan dan menghadapi persaingan yang semakin ketat. Untuk mempercepat terjadinya perubahan atau transformasi tersebut diperlukan organisasi akselerasi seperti CMO.
cmo
Sesuai dengan SK Direksi, Tim CMO mempunyai 2 (dua) fungsi pokok yaitu sebagai inisiator dan akselerator. Sebagai inisiator, Tim CMO berfungsi menginisiasi proyek-proyek yang bersifat sangat strategis, memiliki risiko yang tinggi, serta berdampak signifikan terhadap kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Sedangkan sebagai akselerator, Tim CMO melakukan koordinasi dengan unit kerja di Kantor Pusat dalam hal program-program Divisi dalam rangka mencapai target yang ada dalam Perencanaan Jangka Panjang Perusahaan. Sebagai sebuah Tim yang melaksanakan tugas-tugas tersebut, CMO bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama.

Road Map Desk Change Management Office 
Road Map Desk Change Management Office terbagi ke dalam tiga tahapan, yaitu Quick Wins, Program Jangka Menengah dan Program Jangka Panjang. Program Quick Wins dari Desk CMO terdiri dari project-project yang bersifat jangka pendek, yang harus diselesaikan dan/atau diimplementasikan dalam kurun waktu < 6 bulan, terhitung sejak CMO dibentuk yaitu bulan Oktober 2013.

 

ROAD MAP CHANGE MANAGEMENT OFFICE
Hingga saat ini, project-project tersebut sudah berhasil diimplementasikan dan terus berjalan baik di Kantor Pusat maupun Kantor Cabang seluruh Indonesia, antara lain:
Struktur Organisasi Baru yang sesuai dengan tuntutan bisnis dan kebutuhan perusahaan
Tugas CMO adalah membuat konsep awal dari struktur organisasi yang baru, yang di-launching pada saat serah terima jabatan dan arahan dari Board of Director PT Taspen (Persero) yang baru pada tanggal 27 November 2013 kepada seluruh Kepala Divisi dan Kepala KCU/KC seluruh Indonesia di Auditorium PT Taspen (Persero) Kantor Pusat Lantai VI.
Selanjutnya, struktur organisasi yang baru tersebut diserahkan kepada Divisi Renbang Bisnis di bawah supervisi Direktur Perencanaan dan TI untuk disusun job desk-nya. Namun demikian, Tim CMO tetap ikut mengawal jalannya pembahasan struktur organisasi ini.

Struktur Organisasi PT Taspen (Persero) Baru
Budaya perusahaan
Budaya perusahaan memegang peranan penting dalam proses perubahan yang akan dilakukan perusahaan. Project Budaya Perusahaan termasuk dalam Quick Wins yang harus dikerjakan oleh CMO. Output jangka pendek dari Project ini adalah Buku Panduan Etika Layanan dan Buku Panduan Perilaku Insan Taspen. Sedangkan Output jangka penjangnya adalah implementasi dan internalisasi budaya perusahaan yang akan berdampak pada kinerja perusahaan.
Untuk mengimplementasikan proses perubahan budaya perusahaan hingga ke tahap internalisasi, Tim CMO tidak  bekerja sendiri. Dibentuk agent of change yang berasal dari unit-unit kerja dan kantor-kantor cabang. Pembentukan agent of change ini diawali dengan mengirimkan surat dari CMO, meminta setiap unit kerja dan kantor cabang mengirimkan satu karyawan yang dipilih sebagai agent of change yang nantinya akan dididik supaya dapat bersama-sama Tim CMO melakukan perubahan.
Dalam mengerjakan Project Budaya Perusahaan ini, Tim CMO bersama dengan Divisi SDM menggandeng PT Eximius Learning & Development Center sebagai konsultan yang akan mengawal tahap awal proses perubahan budaya perusahaan.
Tahapan Membangun Organisasi Efektif (Berbasis Budaya Layanan yang Kuat)