Divisi Layanan dan Manfaat

pak tobingTaspen sebagai Badan Usaha Milik Negara yang diberi tugas untuk menyelenggarakan Program Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil dan Pembayaran Pensiun, sangat menyadari bahwa pelayanan merupakan tugas pokok perusahaan, sehingga pelayanan harus ditingkatkan terus menerus dan dijadikan sebagai budaya perusahaan.

Mempedomani Peraturan Direksi Nomor PD-17/D1R/2015 Tentang Uraian Jabatan Pejabat Struktural Dan Fungsional PT TASPEN (PERSERO) Divisi Pelayanan bertugas memberikan pelayanan diantaranya kepada Pegawai Negeri dan Pensiunan sebagai Peserta Taspen, harus mendapat pelayanan yang terbaik dengan layanan yang mudah, cepat, praktis, tanpa biaya/gratis serta melebihi harapannya. Untuk mewujudkan tugas mulia tersebut manajemen sangat berharap agar setiap insan Taspen menjadi Role Model dalam melayani peserta dengan berkomunikasi, berinteraksi, menerima pertanyaan dan memberikan jawaban kepada peserta secara baik, tulus optimal dan profesiional sehingga terwujud pelayanan yang melebihi harapan peserta.

Dasar Pelaksanaan
Divisi Pelayanan dalam pelaksanaan tugasnya berpedoman kepada regulasi yang diterbitkan pemerintah maupun regulasi yang diterbitkan oleh perusahaan (Taspen)  yaitu sebagai berikut :

1. Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 1981 Tentang Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil.

2. Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 1989, Tentang Pemberian Pensiun kepada Pegawai Negeri Sipil dan Pemberian Pensiun kepada janda/Duda Pegawai  Negeri Sipil.

3. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2009  Tentang Pelayanan Publik.

4. Perjanjian Kerjasama antara Badan Kepegawaian Negera dengan PT Taspen (Persero) Nomor:12K/KX/VII/2010 dan Nomor::JAN-62/DIR/2010 tanggal 1 Juli 2010 Tentang Pemutakhiran Database Pegawai Negeri Sipil secara berkelanjutan.

5. Keputusan Rapat kerja Nasional PT Taspen(Persero) mengamanatkan kepada Kantor Cabang PT Taspen (Persero) agar melaksanakan Pelayanan Proaktif kepada para PNS calon penerima pensiun dan Tabungan Hari Tua dan Pelayanan tersebut harus diberikan kepada PNS melebihi harapannya.

6. Policy Statement Management 2012 – 2013

  • Meningkatkan pelayanan kepada peserta yang melebihi harapan peserta (Deligted Customer services) dengan berdasarkan pada prinsip 5 T.
  • Optimalisasi manajemen data peserta dalam rangka meningkatkan Competitive advantage antara lain melalui pembentukan Individual Account.

Berdasarkan Peraturan Direksi PT Dana Tabungan Dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) Nomor: PD-11/DIR/2012  tanggal 8 Agustus 2012 Tentang STRUKTUR ORGANISASI DAN TANGGUNGJAWAB JABATAN PT TASPEN (PERSERO), Divisi Pelayanan membawahi 2 (dua) Manajer.

Divisi Layanan Manfaat berlokasi di gedung blok B lantai 4 Kantor Pusat PT Taspen (Persero) Jl. Letjen Suprapto – Cempaka Putih, Jakarta Pusat.