Divisi Layanan dan Pemasaran

Profil Unit Kerja

Nama : Divisi Layanan dan Pemasaran

Alamat : Jl. Letjen Suprapto No. 45 – Cempaka Putih, Jakarta Pusat, PT TASPEN (Persero) Gedung B lantai 4.

Kontak :  021-424 1808 ext. 2431

Sejarah Unit Kerja

PT TASPEN (Persero) yang selanjutnya disebut TASPEN merupakan Badan Usaha Milik Negara yang didirikan pada tanggal 17 April 1963. TASPEN bertugas untuk menyelenggarakan Program Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian bagi Aparatur Sipil Negara. Seiring dengan perkembangan penyelenggaraan asuransi program tersebut TASPEN sangat menyadari bahwa pelayanan merupakan produk yang diberikan oleh perusahaan, sehingga  TASPEN harus secara terus menerus meningkatkan pelayanan hingga pelayanan menjadi budaya perusahaan. Pelayanan yang diberikan TASPEN harus melebihi harapan peserta atau biasa disebut “Delighted Customer Service”.  Peserta Taspen, harus mendapat pelayanan yang terbaik dengan layanan yang mudah, cepat, praktis, tanpa biaya/gratis. Untuk mewujudkan tugas mulia tersebut manajemen sangat berharap agar setiap insan Taspen menjadi Role Model dalam melayani peserta dengan berkomunikasi, berinteraksi, menerima pertanyaan dan memberikan jawaban kepada peserta secara baik, tulus optimal dan profesional sehingga terwujud pelayanan yang melebihi harapan peserta.

Guna memenuhi tugas perusahaan maka TASPEN membuat suatu unit kerja yang bertanggung jawab terhadap:

  1. 1. Pelayanan yang berkualitas dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan
  2. 2. Penetapan dan implementasi kebijakan Layanan dan Pemasaran
  3. 3. Inovasi layanan dan pemasaran
  4. 4. Evaluasi efektivitas layanan
  5. 5. Pemeliharaan hubungan kelembagaan yang baik dengan instansi peserta, Pemda, Kementerian dan Lembaga terkait lainnya.

Sehingga Delighted Customer Service (DCS) diharapkan dapat tercapai.

Divisi Layanan dan Manfaat diubah menjadi Divisi Layanan dan Pemasaran pada 18 April 2018 berdasarkan Peraturan Direksi Nomor PD-17/DIR/2018 tentang Uraian Jabatan Pejabat Struktural dan Fungsional PT TASPEN (PERSERO). Pergantian struktur organisasi tersebut dilakukan guna memenuhi tantangan dan kebutuhan perusahaan yang semakin berkembang. Divisi Layanan dan Pemasaran senantiasa meningkatkan pelayanan melebihi harapan peserta (Deligted Customer services) dengan berdasarkan pada prinsip 5 T (tepat orang, tepat jumlah, tepat waktu, tepat tempat, tepat administrasi)

Dasar Pelaksanaan

Divisi Layanan dan Pemasaran dalam melaksanakan tugasnya berpedoman kepada regulasi yang berlaku antara lain :

  1. 1. Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara
  2. 2. Undang-Undang No. 11 Tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Pensiun Janda/Duda Pegawai
  3. 3. Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 1981 tentang Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil.
  4. 4. Peraturan Pemerintah Nomor 20 tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1981 Tentang Asuransi Soisal Pegawai Negeri Sipil.
  5. 5. Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.
  6. 6. Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 1989, Tentang Pemberhentian dan Pemberian Pensiun  Pegawai Negeri Sipil serta Pemberian Pensiun Janda/Dudanya.
  7. 7. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2009  Tentang Pelayanan Publik.
  8. 8. Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015 tentang Jaminan Kecelakaan Kerja Dan Jaminan Kematian Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  9. 9. Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015 tentang Jaminan Kecelakaan Kerja Dan Jaminan Kematian Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara.
  10. 10. Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nasional No. 5 Tahun 2016 tentang Pedoman Kriteria Penetapan Kecelakaan Kerja, Cacat dan Penyakit Akibat Kerja serta Kriteria Penetapan Tewas bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara
  11. 11. Perjanjian Kerjasama antara Badan Kepegawaian Negera dengan PT Taspen (Persero) Nomor:12K/KX/VII/2010 dan Nomor::JAN-62/DIR/2010 tanggal 1 Juli 2010 Tentang Pemutakhiran Database Pegawai Negeri Sipil secara berkelanjutan.
  12. 12. Keputusan Rapat kerja Nasional PT Taspen(Persero) mengamanatkan kepada Kantor Cabang PT Taspen (Persero) agar melaksanakan Pelayanan Proaktif melebihi harapan peserta kepada para PNS calon penerima pensiun dan Tabungan Hari Tua.

 

Inovasi Divisi Layanan dan Pemasaran

Dalam perjalanan sebagai unit kerja yang bertanggung jawab terhadap pelayanan TASPEN, Divisi Layanan dan Pemasaran terus berupaya untuk meberikan terobosan-terobosan dalam mempermudah peserta untuk memperoleh haknya. Inovasi dari Divisi Layanan dan Pemasaran antara lain:

  1. 1. Mobil Layanan Taspen

Mobil Layanan Taspen adalah mobil dengan spesifikasi tertentu yang dipergunakan untuk memperluas jangkauan pelayanan kepada Peserta. Diharapkan dengan adanya Mobil Layanan Taspen, Peserta yang memiliki tempat tinggal jauh dari Kantor Cabang Taspen dapat dengan mudah mengurus haknya guna mewujudkan Delighted Customer Services.

  1. 2. Layanan Klaim 1 Jam

Pelayanan  pembayaran klaim satu jam adalah proses penyelesaian SPP Klaim Langsung yang dimulai dari Peserta memperoleh Nomor Antrean sampai dengan dibayarkan secara tunai paling lambat 1 (satu) jam.

  1. 3. Mitra Layanan Taspen
  1. a. Mempermudah, mempercepat, dan memberikan pelayanan yang melebihi harapan kepada Peserta/Penerima Pensiun.
  2. b. Memberikan pelayanan yang semaik baik dan melebihi harapan peserta.
  3. c. Menjangkau peserta yang tempat tinggal jauh dari Kantor Cabang.
  4. d. Memberikan kemudahan peserta dalam memperoleh haknya tanpa harus datang ke Kantor Cabang PT TASPEN (PERSERO).
  1. 4. Otentikasi 126

Otentikasi Berkala adalah  pembuktian diri melalui validasi identitas peserta dan/atau Penerima Pensiun/Tunjangan yang berkaitan dengan kombinasi penggunaan username dan password, smart card, finger print, retina scan, tanda tangan, dan lain-lain untuk  verifikasi identitas peserta dan/atau Penerima Pensiun/Tunjangan yang dilakukan secara berkala.

  1. 5. Layanan Klaim Otomatis

Layanan Klaim Otomatis adalah peran aktif PT TASPEN (PERSERO) yang terintegrasi dengan instansi terkait untuk memperoleh persyaratan dalam proses pengurusan dan pembayaran hak kepada penerima manfaat yang diyakini kebenarannya.

  1. 6. Service Point

Service Point merupakan titik layanan yang dilakukan Kantor Cabang Utama/ Kantor Cabang dan bertempat di Kantor Badan Kepegawaian Negara/ Badan Kepegawaian Daerah/ Pemerintah Provinsi/ Pemerintah Kabupaten/ Pemerintah Kota dalam wilayah kerja Kantor Cabang Utama/ Kantor Cabang masing-masing.  Kegiatan dalam layanan Service Point antara lain melayani informasi mengenai pelayanan Taspen, menerima dan meneliti kelengkapan permohonan SPP Klaim dari Peserta/ Ahli Waris, memberikan informasi estimasi perhitungan hak, menerima dan meneliti kelengkapan permohonan Non Klaim (Usul SKEP Janda/Duda, Mutasi, dll).

  1. 7. SMS Notifikasi

Short Message Service (SMS)  Notifikasi merupakan media informasi satu arah yaitu pengiriman SMS dari PT TASPEN (PERSERO) kepada peserta untuk memberitahukan berbagai informasi baik secara personal/individu maupun group/massal.

  1. 8. SAHABAT LATANRO

SAHABAT LATANRO (Sejahtera Berkat Layanan Taspen Persero) merupakan inovasi pelayanan publik milik PT TASPEN (PERSERO) yang meraih penghargaan dalam TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik 2017 dari Presiden RI. Penghargaan diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, kepada Direktur Utama PT TASPEN (PERSERO) Iqbal Latanro. Kompetisi TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik 2017 diikuti kurang lebih 3.054 peserta yang berasal dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan BUMN/BUMD, yang ada di Indonesia. PT TASPEN (Persero) menjadi satu-satunya BUMN yang berhasil masuk dalam jajaran TOP 40.