Divisi Aktuaria

Dody Susanto_198719640973

Divsi Aktuaria ditetapkan berdasarkan Peraturan Direksi PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) Nomor:PD-11/DIR/2012 tanggal 8 Agustus 2012  Tentang Struktur Organisasi dan Tanggungjawab Jabatan PT Taspen (Persero) Kemudian diperbaharui menjadi Peraturan Direksi Nomor PD-17/D1R/2015 Tentang Uraian Jabatan Pejabat Struktural Dan Fungsional PT TASPEN (PERSERO). Taspen sebagai perusahaan yang mengelola Dana Pensiun dan Asuransi tentunya memerlukan tenaga-tenga aktuaria yang handal guna melakukkan berbagai perhitungan bisnis perusahaan.

Pelaksanaan valuasi produk Pensiun dan THT melalui perhitungan aktuaria meliputi

  1. Perhitungan Liabilitas  Manfaat Polis Masa Depan (LMPMD)
  2. Perhitungan Proyeksi iuran
  3. Perhitungan Proyeksi klim
  4. Perhitungan Proyeksi kecukupan dana
  5. Perhitungan unfunded Past Service Liability
  6. Perhitungan proyeksi  Manfaat Pensiun
  7. Pengumpulan dan pengolahan data serta perhitungan-perhitungan aktuaria.

Program Pensiun adalah setiap program yang mengupayakan manfaat pensiun bagi peserta. Dana Pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun.
Peraturan Dana Pensiun adalah peraturan yang berisi ketentuan yang menjadi dasar penyelenggaraan program pensiun.Program Pensiun luran Pasti (Defined Contribution Plans) adalah program pensiun yang iurannya ditetapkan dalam peraturan Dana Pensiun dan seluruh iuran serta hasil pengembangannya dibukukan pada rekening masing-masing peserta sebagai manfaat pensiun .

Program Pensiun Manfaat Pasti (Defined Benefit Plans) adalah program pensiun yang manfaatnya ditetapkan dalam peraturan Dana Pensiun atau Program Pensiun lain yang bukan merupakan Program Pensiun luran Pasti.

Manfaat Pensiun adalah pembayaran berkala yang dibayarkan kepada peserta pada saat dan dengan cara yang ditetapkan dalam Peraturan Dana Pensiun.Peserta adalah setiap orang yang memenuhi persyaratan Peraturan Dana Pensiun untuk menjadi penerima manfaat pensiun.

Pemberi Kerja adalah badan usaha atau perusahaan perorangan yang memiliki program pensiun bagi karyawannya. Pemberi kerja dapat merupakan pendiri, mitra
pendiri atau badan usaha/perusahaan perorangan yang mengikutsertakan karyawan pada Dana Pensiun Lembaga Keuangan.

Penilaian Aktuarial adalah proses yang digunakan oleh profesi aktuaris untuk mengestimasi nilai sekarang manfaat pensiun yang harus dibayar dan sisa masa kerja rata-rata para peserta program pensiun serta merekomendasikan biaya jasa kini dan angsuran kekurangan dana yang harus dibayar kepada Dana Pensiun.

Metode Penilaian Accrued Benefit adalah metode penilaian aktuarial yang menunjukkan nilai manfaat pensiun berdasarkan jasa yang telah diberikan karyawan sampai dengan tanggal penilaian.

Metode ini dapat memasukkan asumsi proyeksi tingkat gaji sampai dengan tanggal pensiun.Metode Penilaian Projected Benefit adalah metode penilaian aktuarial yang menunjukkan nilai manfaat pensiun berdasarkan jasa yang telah diberikan maupun yang akan diberikan oleh karyawan pada tanggal penilaian. Metode ini dapat memasukkan asumsi proyeksi tingkat gaji sampai dengan tanggal pensiun.

Biaya Jasa Kini (Current Service Cost) adalah biaya pemberi kerja yang menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti untuk jasa yang telah diberikan oleh peserta yang masih aktif bekerja selama suatu periode berjalan.

Biaya Jasa Lalu (Past Service Cost) adalah biaya pemberi kerja yang menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti untuk jasa yang telah diberikan peserta sampai dengan tanggal penilaian aktuarial akibat adanya:
(a) pembentukan program pensiun; atau
(b) perubahan program pensiun.

Kewajiban Aktuaria (Present Value of Accumulated Pension Benefit /Actuarial Present Value of Promised Retirement Benefit) adalah nilai sekarang pembayaran manfaat pensiun yang akan dilakukan Dana Pensiun kepada kayawan yang masih bekerja dan yang sudah pensiun, yang dihitung berdasarkan jasa yang telah diberikan .

Koreksi Aktuarial (Experience Adjustment) adalah koreksi atas nilai manfaat pensiun akibat perbedaan antara asumsi aktuarial yang dipakai dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Divisi Aktuaria dalam melaksanakan tugasnya dipimpin oleh seorang Manajer Utama dan dibantu oleh 1(satu) orang Manajer, Divisi Aktuaria berlokasi di gedung blok B lantai 4 Kantor Pusat PT Taspen (Persero) Jl. Letjen Suprapto – Cempaka Putih, Jakarta Pusat.