Divisi Pasar Uang dan Lainnya

Divisi Pengelolaan Dana Program Pensiun di bentuk berdasarkan Keputusan direksi PT Dana Tabungan Dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) Nomor: SK- 11/DIR/2008 tentang Perubahan Atas Keputusan direksi Nomor: SK-09/DIR/2007 tentang Struktur Organisasi dan Tanggung Jawab Jabatan PT Taspen (Persero) kemudian diperbaharui menjadi Peraturan Direksi Nomor PD-17/D1R/2015 Tentang Uraian Jabatan Pejabat Struktural Dan Fungsional PT TASPEN (PERSERO).

Divisi Investasi Pasar Uang dan Lainnya melakukan pengembangan dana yang bersumber dari premi Program THT, Pensiun, JKK dan JKM Aparatur Sipil Negara dalam bentuk deposito dan investasi penyertaan langsung, serta memenuhi kebutuhan likuiditas Perusahaan.

Deposito adalah penempatan dana atas nama pada bank dengan jangka waktu minimal satu bulan atau sesuai dengan jangka waktu yang tercantum dalam bilyet deposito dan memperoleh hasil tetap setiap bulan. Investasi Penyertaan Langsung adalah penyertaan saham / penyetoran modal pada anak perusahaan / perusahaan lain baik yang telah ada maupun yang baru (pendirian perusahaan) untuk tujuan menguasai dan / atau memperoleh hasil (Deviden/ Capital Gain).

Divisi Investasi Pasar Uang dan Lainnya dalam melakukan investasi harus berdasarkan pada peraturan perundang-undangan dan peraturan lainnya: Program THT, Program Pensiun,Program JKK dan JKM, Peraturan Internal Taspen.

Divisi Investasi Pasar Uang dan Lainnya memiliki fungsi dan peran utama di antaranya:

Fungsi Likuiditas
Likuiditas adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek atau kewajiban yang harus segera dibayar dengan aset lancarnya.
Fungsi Investasi
Investasi adalah penempatan dana dari aset dengan aman dan bertujuan untuk menumbuhkan kekayaan melalui perolehan hasil.

Dalam pelaksanaan tugas Manajer Utama Divisi Investasi Pasar Uang & Lainnya (A. Boedi Soerjantoro) didukung oleh 2 (dua) orang manajer yaitu Manajer Pasar Uang, dan Manajer Inv. Langsung dan Lainnya. Divisi Pasar Uang dan Lainnya berlokasi di gedung blok A lantai 2 Kantor Pusat PT Taspen (Persero) Jl. Letjen Suprapto – Cempaka Putih, Jakarta Pusat.