Desk Hukum

Desk Hukum adalah unit kerja yang bertugas untuk menyelenggarakan fungsi hukum dalam PT TASPEN (PERSERO). Fungsi Hukum diantaranya adalah membuat dokumen-dokumen hukum baik internal maupun eksternal dan menyelesaikan segala permasalahan hukum yang dihadapi PT TASPEN (PERSERO). Desk Hukum lahir sejak diterbitkannya Peraturan Direksi Nomor PD-25/DIR/2013 tentang Struktur Organisasi dan Tanggung Jawab Jabatan PT TASPEN (PERSERO). Desk Hukum berada dibawah naungan Direktorat Umum.

New Picture

Masagus Zainal Arifin | Kepala Desk Hukum

Pada Tahun 1988 Direktur Utama yang menjabat kala itu, Ida Bagus Putu Sarga melalui Surat Keputusan Direksi PT Taspen (Persero) Nomor 45/Dir/SK/1988 tanggal 15 Juni 1988 menetapkan bahwa Bagian Hukum secara struktur merupakan bagian dari Biro Direksi yang dibawahi oleh Direktur Umum.

Pada tahun 1991 melalui Surat Keputusan Direksi Nomor SK-01/DIR/1991 tanggal 6 Februari 1991, melalui SK yang ditandatangani Direktur Utama, Ida Bagus Putu Sarga, menetapkan Bagian Hukum terdiri dari Seksi Bantuan Hukum dan Seksi Peraturan. Bagian Hukum itu sendiri berada dalam struktur organisasi Biro Administrasi yang dibawahi oleh Direktur Umum.

Pada tanggal 21 September 1999 ditetapkan Surat Keputusan Direksi Nomor      SK-38/DIR/1999 tentang Struktur Organisasi dan Uraian Jabatan PT Taspen (Persero) yang ditandatangani oleh Muljohardjoko, Direktur Utama, dimana Bagian Hukum secara struktur merupakan bagian dari Sekretariat Perusahaan yang dibawahi oleh Direktur Utama. Struktur Organisasi Bagian Hukum pada saat itu terdiri dari Bagian Hukum, terdiri dari Sub Bagian Hukum Internal dan Sub Bagian Hukum Eksternal.

Pada 12 Maret 2007, Achmad Subianto, Direktur Utama, dengan SK Nomor SK-09/DIR/2007 tentang Struktur Organisasi dan Tanggungjawab Jabatan PT Taspen (Persero), Bagian Hukum masih berada dalam Struktur Organisasi Sekretariat Perusahaan yang dibawahi Direktur Utama, namun Struktur Organisasi Bagian Hukum saat itu terdiri dari Manajer Hukum yang membawahi Sub Bagian yang dipimpin oleh Asisten Manajer, yaitu Sub. Bagian Peraturan dan Sub. Bagian Perikatan dan Fungsional Hukum yang dibawahi langsung oleh Sekretaris Perusahaan.

Kemudian melalui Peraturan Direksi Nomor PD-25/DIR/2013 tentang Struktur Organisasi dan Tanggung Jawab Jabatan PT Taspen (Persero) tanggal 27 November 2013 sampai dengan sekarang Bagian Hukum berdiri sendiri sebagai Unit Kerja langsung di bawah Direktur Umum menjadi Desk Hukum yang dikepalai oleh Kepala Desk. Struktur Organisasi Desk Hukum terdiri dari 1 (satu) Manajer dan Fungsional Hukum yang bertanggung jawab langsung kepada Kepala Desk Hukum. Manajer Peraturan dan Perikatan membawahi 2 (dua) bagian yang dipimpin oleh Asisten Manjer, yaitu Bagian Perikatan dan Bagian Peraturan. Sedangkan Fungsional Hukum terdiri dari Senior Legal Officer, Legal Officer, Junior Legal Officer, dan Assistant Legal Officer.

Sejak berdiri sendiri sebagai unit kerja pada 27 November 2013, dalam umur yang masih tergolong sangat muda sebagai unit kerja sampai dengan saat ini, Desk Hukum telah banyak menuai prestasi yang gemilang dalam menyelesaikan persoalan terkait hukum yang sangat penting bagi perusahaan, baik itu di dalam maupun di luar pengadilan.

Beberapa pencapaian tersebut antara lain dalam hal pengukuhan eksistensi Taspen dalam sistem perundang-undangan Indonesia dengan diundangkannya PP Nomor 70 Tahun 2015, Optimalisasi Aset Perusahaan berupa tanah-tanah dan bangunan-bangunan yang dikuasai oleh pihak yang tidak berhak, Perjanjian pengalihan pengelolaan Tabungan Hari Tua (THT) non-PNS dari 19 BUMN, serta Harmonisasi Peraturan Perusahaan.

Desk Hukum dipimpin oleh seorang Kepala Desk Hukum. Kepala Desk Hukum mempunyai tanggung jawab atas penyusunan kebijakan strategis bidang hukum, penyelesaian perkara hukum, dan penyusunan dokumen-dokumen hukum. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Desk Hukum dibantu oleh Manajer Peraturan dan Perikatan dan Fungsional Bantuan Hukum.

Desk Hukum berlokasi di gedung blok A lantai 1 Kantor Pusat PT Taspen (Persero) Jl. Letjen Suprapto – Cempaka Putih, Jakarta Pusat