Desk Manajemen Resiko

KHAIRUL RASIDI_198819631480.JPG

Kepala Desk Manajemen Risiko KHAIRUL RASIDI

Semula unit Manajemen Risiko setingkat bagian di bawah supervisi Divisi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis, namun untuk percepatan penerapan manajemen risiko maka Direksi mengeluarkan Peraturan Direksi No PD-25/DIR/2013 tentang Struktur Organisasi dan Tanggung Jawab Jabatan PT Taspen (Persero) dan kemudian diperbaharui menjadi Peraturan Direksi Nomor PD-17/D1R/2015 Tentang Uraian Jabatan Pejabat Struktural Dan Fungsional PT TASPEN (PERSERO), membentuk Desk Manajemen Risiko sebagai unit kerja struktural yang bertanggung jawab langsung kepada Direktur Perencanaan Pengembangan dan Teknologi Informasi.

Langkah ini dilakukan agar penerapan Manajemen Risiko lebih optimal, terstuktur, independen, dan mampu terintegrasi dengan sistem manajemen lainnya sehingga memberikan kepastian pencapaian visi dan misi perusahaan.

Desk Manajemen Risiko mempunyai tugas antara lain membantu Direksi dalam meningkatkan kesadaran risiko dan keterampilan pengelolaan risiko sehingga terbentuk budaya kerja berbasis risiko dan keputusan berbasis risiko, serta mengembangkan implementasi manajemen risiko terintegrasi. Kegiatan manajemen risiko meliputi penentuan konteks, identifikasi, pengukuran, pemantauan dan pengendalian risiko sehingga diperoleh risk profile, yang kemudian dilakukan monitoring serta review setiap tiga bulan untuk mendapatkan improvement.

Penerapan manajemen risiko terintegrasi melibatkan pengawasan aktif Komisaris,pemantauan Komite Pemantau Risiko, kebijakan Direksi dan Desk Kepatuhan serta pengendalian Satuan Pengawas Internal (SPI).

Memperkuat pertahanan risiko lini pertama, maka manajemen risiko diterapkan di seluruh tingkatan perusahaan, dari Kantor Cabang Utama/Kantor Cabang, Divisi, dan Direktorat untuk mendapatkan risk profile unit kerja. Kekuatan lini ini diharapkan mampu mendukung kualitas penerapan manajemen risiko korporat secara terintegrasi.

Desk Manajemen Risiko dipimpin oleh seorang Kepala Desk dibantu fungsional pengelola Manajemen Risiko sebagai risk advisor yang melakukan komunikasi dan konsultasi dengan unit operasional di Direktorat Utama, Direktorat Operasi, Direktorat Keuangan, Direktorat Investasi, Direktorat Umum, Direktorat Renbang Bisnis dan TI dan Kantor Cabang di wilayah kerja KCU Medan, KCU Bandung, KCU Jakarta, KCU Semarang, KCU Surabaya, KCU Makassar.

Penerapan manajemen risiko PT Taspen (Persero) dilakukan dengan pendekatan ISO 31000 yang dikombinasikan dengan praktek manajemen risiko di perbankan dan perasuransian. Risiko yang sedangkan dikembangkan di PT Taspen (Persero) antara lain risiko strategik, risiko operasi, risiko reputasi, , risiko kepengurusan, risiko kredit, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko hukum, risiko kepatuhan, risiko pembiayaan, risiko asuransi, dan risiko dukungan dana. Sedangkan penilaian tingkat risiko PT Taspen (Persero) dilakukan mempedomani Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 10/POJK.05/2014.

Dalam pelaksanaan tugas Kepala Desk Manajemen Resiko di bantu oleh Fungsional. Desk Manajemen Resiko berlokasi di gedung blok C lantai 5 Kantor Pusat PT Taspen (Persero) Jl. Letjen Suprapto – Cempaka Putih, Jakarta Pusat.