Desk Manajemen Resiko

GUNAWANUnit Manajemen Risiko pada awal berdiri di tahun 2009 merupakan bagian yang berada di bawah supervisi Divisi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis pada Departemen Manajemen Risiko.  Pada akhir tahun 2013, Unit Manajemen Risiko berdiri sendiri dalam bentuk Desk, berdasarkan Peraturan Direksi No PD-25/DIR/2013 tentang Struktur Organisasi dan Tanggung Jawab Jabatan PT Taspen (Persero). Mengacu pada Peraturan Direksi tersebut, Desk Manajemen Risiko dibentuk sebagai unit kerja struktural yang bertanggung jawab langsung kepada Direktur Perencanaan dan Teknologi Informasi. Hal ini dilakukan untuk percepatan penerapan manajemen risiko pada perusahaan, sekaligus sebagai upaya agar penerapan manajemen risiko pada PT TASPEN (PERSERO) dapat berjalan dengan lebih optimal, terstuktur, independen, dan mampu terintegrasi dengan sistem manajemen lainnya sehingga memberikan kepastian pencapaian visi dan misi perusahaan.

Desk Manajemen Risiko dipimpin oleh seorang Kepala Desk dibantu pejabat fungsional Manajemen Risiko sebagai risk advisor yang melakukan komunikasi dan konsultasi dengan unit operasional pada seluruh unit kerja baik di Kantor Pusat maupun Kantor Cabang Utama/Kantor Cabang.

Penerapan manajemen risiko di PT Taspen (Persero) adalah bagian dari penerapan Good Corporate Governance (GCG). Fokus utama penerapan manajemen risiko adalah para pelaku utama proses bisnis dan organisasi di setiap tingkatan. Penerapan manajemen risiko harus menciptakan dan melindungi nilai, terintegrasi dengan proses bisnis, bagian dari proses pengambilan keputusan, transparan, sistematis, terstruktur, dinamis dan tanggap terhadap perubahan.

PT Taspen (Persero) memastikan bahwa seluruh potensi risiko dalam rangka pencapaian Visi dan Misi perusahaan telah diidentifikasi, dianalisis, dievaluasi, dan dimitigasi probabilitas serta dampaknya sehingga tidak akan menghambat pencapaian tujuan strategis perusahaan.

Implementasi manajemen risiko berpedoman pada Pedoman Manajemen Risiko yang telah ditetapkan melalui Peraturan Bersama Direksi dan Komisaris PT TASPEN (PERSERO) Nomor PD-04/DIR/2015 DAN KEP-01/DK-TASPEN/2015 tanggal 16 Februari 2015. Penyusunan Pedoman Manajemen Risiko mengacu pada SNI ISO 31000:2018 tentang Manajemen Risiko – Prinsip dan Panduan. Pedoman manajemen risiko disusun untuk memastikan bahwa seluruh potensi risiko dalam rangka pencapaian Visi dan Misi perusahaan telah dimitigasi sehingga tidak akan menghambat pencapaian tujuan strategis Perseroan.