KC Samarinda

profil-dadang-suhartono_1        SEKAPUR SIRIH

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dimana sampai saat ini Kantor Cabang PT TASPEN (PERSERO) Samarinda masih diberikan amanah dan kepercayaan serta  merupakan suatu kehormatan bagi kami dan seluruh jajaran karyawan Kantor Cabang  PT TASPEN (PERSERO) Samarinda dapat melayani para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara dalam hal pengelolaan dan pembayaran manfaat Program Tabungan Hari Tua (THT), Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) di wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Keberadaan dan cakupan layanan Kantor Cabang PT TASPEN (PERSERO) Samarinda sangat dirasakan oleh para Aparatur Sipil Negara dan Pejabat Negara di seluruh Pemerintah Daerah di wilayah Provinsi Kalimatan Timur yang meliputi:

  1. 1.   Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur
  2. 2.   Pemerintah Kota Samarinda
  3. 3.   Pemerintah Kota Balikpapan
  4. 4.   Pemerintah Kota Bontang
  5. 5.   Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
  6. 6.   Pemerintah Kabupaten Kutai Timur
  7. 7.   Pemerintah Kabupaten Kutai Barat
  8. 8.   Pemerintah Kabupaten Berau
  9. 9.   Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara
  10. 10. Pemerintah Kabupaten Paser
  11. 11. Pemerintah Kabupten Mahakam Ulu

Komitmen Direksi PT TASPEN (PERSERO) untuk memberikan layanan melebihi harapan peserta (delighted customer services) terus menerus dikembangkan, saat ini  Kantor Cabang PT TASPEN (persero) di seluruh Indonesia khususnya Kantor Cabang PT TASPEN (PERSERO) Samarinda telah melaksanakan berbagai jenis layanan yang dapat dinikmati Aparatur Sipil Negara dan Pejabat Negara diantarannya:

  1. Layanan klim otomatis adalah peran aktif PT TASPEN (PERSERO) yang terintegrasi dengan instansi terkait untuk memperoleh persyaratan dalam proses pengurusan dan pembayaran hak kepada penerima manfaat yang diyakini kebenarannya.
  2. Layanan klim langsung 1 jam adalah proses penyelesaian klaim langsung yang di mulai dari Peserta memperoleh Nomor Antrian sampai dengan dibayarkan secara tunai paling lambat 1 (satu) Jam
  3. Mobil Layanan Taspen adalah Mobil dengan spesifikasi tertentu yang dipergunakan untuk memperluas jangkauan pelayanan kepada peserta
  4. Service Point Taspen adalah jenis layanan yang dilakukan dalam rangka collecting dan pengerjaan permohonan pembayaran klim dilakukan di Kantor BKD setempat yang tidak terjangkau dengan Mobil Layanan Taspen
  5. Mitra Layanan Taspen (office channeling) adalah adalah layanan kepada peserta TASPEN yang dilakukan melalui kerjasama dengan Kantor Cabang Mitra Bayar dalam rangka memperluas jangkauan pelayanan bertujuan untuk mempermudah, mempercepat, dan memberikan pelayanan yang melebihi harapan kepada peserta/penerima Pensiun dengan dilandasi dengan semangat saling menghormati demi terciptanya pelayanan yang semakin baik kepada para peserta/penerima Pensiun.
  6. Taspen Mobile adalah jenis layanan berupa informasi produk Taspen, Tatacara pengurusan klim, persyaratan permohonan klim dan estimasi hak dalam bentuk aplikasi berbasis android yang dapat di download melalui play store.

Untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan dan pembayaran klim Tabungan Hari Tua, Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, kami telah melakukan kerjasama dengan Pihak Bank dan Pos diantaranya:

  1. Bank BPD Kalimantan Timur
  2. Bank BRI
  3. Bank BTPN 3
  4. Bank BNI
  5. Bank Mandiri
  6. Bank BTN
  7. Bank BUKOPIN
  8. Bank Syariah Mandiri
  9. Bank Muamalat
  10. Bank BJB Cabang Balikpapan
  11. PT Pos Indonesia

Sementara itu bagi Aparatur Sipil Negara dan Pejabat Negara yang memerlukan perawatan akibat kecelakaan kerja atau penyakit yang diakibatkan karena pekerjaan, Kantor Cabang PT TASPEN (PERSERO) Samarinda telah melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit Umum diantaranya:

  1. RSUD Taman Husada Bontang
  2. RSUD Harapan Insan Sendawar Kutai Barat
  3. RSUD Kudungga Kutai Timur
  4. RSU Dr. Abdul Rivai Berau
  5. RSUD Aji Muhammad Parikesit Kutai Kartanegara
  6. RS Aji Batara Agung Dewa Sakti Kutai Kartanegara
  7. RSUD Balikpapan
  8. RSUD Dr. Kanujoso Djati Wibowo Balikpapan
  9. RSUD Ince Abdul Moeis Samarinda
  10. RSUD A. Wahab Sjahranie Samarinda
  11. RSUD Panglima Sebaya Paser
  12. RSUD Kabupaten Penajam Paser Utara
  13. Puskesmas Kabupaten Mahakam Ulu

Dengan berbagai jenis layanan tersebut seluruh karyawan Kantor Cabang PT TASPEN (PERSERO) Samarinda akan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh peserta dengan belandaskan kepada  Nilai-Nilai PT TASPEN (PERSERO) yaitu:

  1. Integritas Satunya perkataan dengan perbuatan dan senantiasa konsisten dalam memegang amanah dan tanggungjawab.
  2. Profesional Senantiasa bekerja dengan menggunakan kompetensi terbaik yang dimiliki untuk memberikan hasil dan manfaat yang semakin meningkat bagi perusahaan.
  3. Inovatif Kreatif dalam menciptakan dan menerapkan ide-ide baru untuk mendukung kemajuan perusahaan
  4. Kompetitif Mempunyai daya saing yang tinggi dengan memiliki keuanggulan karakter dan kompetensi guna memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan.
  5. Tumbuh Berkembang selaras dengan tuntutan perubahan baik eksternal maupun internal.

 

Disamping nilai-nilai Taspen seluruh karyawan berkomitmen memegang teguh 5 Tepat TASPEN dalam melayani peserta :

 Tepat Orang Pembayaran klim kepada peserta dilakukan kepada peserta yang memiliki identitas tunggal meliputi NIP, Nama, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Status, Instansi dan Domisili sesuai dengan dokumen kepesertaan yang sah.

  1. Tepat Waktu Penyampaian informasi, dokumen, dan pembayaran manfaat kepada peserta dilaksanakan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan.
  2. Tepat Jumlah Besarnya pembayaran manfaat kepada peserta berdasarkan perhitungan komponen dan koefisien yang telah ditetapkan tanpa adanya pembebanan biaya dan potongan dalam bentuk apapun.
  3. Tepat Tempat Pembayaran manfaat kepada peserta dilakukan ditempat-tempat pengambilan klim sesuai permintaan peserta yang tercantum dalam dokumen permohonan pembayaran klim.
  4. Tepat Administrasi Tata kelola dokumen kepesertaan dan pembayaran klim dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip mudah, cepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

Kami haturkan terima kasih kepada seluruh Pemerintah Daerah dan Mitra Bayar PT TASPEN (PERSERO) atas kerjasama yang telah terjalin baik selama ini; semoga seluruh Aparatur Sipil Negera dan Pejabat Negara dapat terlayani dengan baik dan menikmati pelayanan yang diberikan oleh Kantor Cabang PT TASPEN (PERSERO) Samarinda, Amin.

 

 

photo kantor smrd1

 

PROFIL TASPEN CABANG SAMARINDA

PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Samarinda dibuka pada tanggal 2 Oktober 1988 (berlokasi di Jalan Belibis No.143 Samarinda). Kegiatan operasional pemrosesan dan pembayaran terhadap pengajuan Klim program Tabungan Hari Tua (THT) dimulai pada tanggal 2 Januari 1989. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan no 79/KMK.03/1990 tanggal 22 Januari 1990 pelaksanaan pemrosesan dan pembayaran Pensiun dimulai tanggal 1 April 1990 bagi penerima pensiun (PNS, Pejabat Negara, ABRI, Veteran, Eks Pegawai BUMN) yang berada diwilayah Provinsi Kalimantan Timur. Untuk meningkatkan pelayanan kepada para peserta, PT TASPEN (PERSERO) KC Samarinda menempati Gedung yang representatif di Jalan DI. Panjaitan No.46 Samarinda yang penggunaannya secara resmi dimulai pada tanggal 9 Januari 2007 ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Plt. Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Yurnalis Ngayoh) dan disaksikan oleh Direktur Utama PT TASPEN (PERSERO) (Achmad Subianto).

Plt. Gubernur Kalimantan Timur Drs. Yurnalis Ngayoh, MM sedang menanda tangani Prasasti, disaksikan oleh Direktur Utama, Achmad Subianto sebagai tanda diresmikannya Pemakaian Gedung baru pada tanggal 9 Januari 2007.

Peresmian1  karyawan samarinda

Seluruh Karyawan PT.Taspen (Persero) Cabang Samarinda, berfoto bersama didepan Gedung Kantor.

PIMPINAN

Selama 21 tahun beroperasi, TASPEN Samarinda mengalami 6 kali pergantian Kepala Cabang. Adapun Kepala Cabang yang pernah bertugas di Kantor Cabang Samarinda adalah sebagai berikut :

  1. Masrizal Anwar (1988-1990)
  2. Sabar Slamet Rahardjo (1990-1994)
  3. Budi Sulistio (1994-1999)
  4. Tri Raharjo (1999-2004)
  5. Suhartono (2004-2007)
  6. Hilman Natawijaya (2007-2009)
  7. Risman Darmadi (2009-2014)
  8. Budi Setiawan (2014-2016)
  9. Dadang Suhartono (2016 – hingga sekarang)

kepala-cabang-smrdSEJARAH

PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Samarinda dibuka pada tanggal 2 Oktober 1988 dan mulai beroperasi pada Januari 1989. Waktu itu hanya mengelola THT saja. Selanjutnya, dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan no 79/KMK.03/1990 tanggal 22 Januari 1990 melaksanakan pembayaran pensiun untuk seluruh Provinsi Kalimantan Timur.

Pada awal beroperasi hingga Juli 1988 TASPEN Samarinda menyewa kantor yang terletak di Jalan Belibis Samarinda no 143. Kemudian menyewa kantor yang ke-2 di Jalan Ir. H. Juanda No. 200 sampai Juli 2005.

Setelah menyewa kantor selama 19 tahun, TASPEN Samarinda akhirnya memiliki gedung sendiri yang berlokasi di Jalan DI Panjaitan no 46. dan diresmikan pada tanggal 9 Januari 2007.

 

KANTOR TASPEN JL.BELIBIS SAMARINDA

KANTOR PT.TASPEN (PERSERO) SAMARINDA

Jalan Belibis No.143 Samarinda s/d bulan Juli 1998

 

KANTOR TASPEN JL.JUANDA SAMARINDA

KANTOR PT.TASPEN (PERSERO) SAMARINDA

Jl. Ir. H. Juanda No. 200 s/d bulan Juli 2005

KANTOR TASPEN JL.DI.PANJAITAN SEKARANG

KANTOR PT.TASPEN (PERSERO) SAMARINDA SEKARANG Jl.DI Panjaitan no 46. diresmikan pada tanggal 9 Januari 2007

PEMBANGUNAN GEDUNG KANTOR

Pembangunan Gedung dikerjakan melalui 2 (dua) Tahap :

  1. Tahap Pertama (Oktober 2004 – Juli 2005) meliputi pembangunan fisik gedung kantor, jaringan listrik, telepon, dan air PAM.
  2. Tahap Kedua (Juli 2006 – Oktober 2006) meliputi pembangunan halaman parkir, jalan lingkungan, pagar, dan power house.

Gedung yang pembangunannya menyedot biaya sebesar Rp 5,5 milyar ini memiliki spesifikasi sebagai berikut :

1. Luas Tanah : 2.606 m2
2. Luas Bangunan : 1.000 m2 (dua lantai)
3. Penunjang :
Listrik 80 KVA
Telpon 5 jalur dengan Sistem PABX
AC Splits 36 unit
Pemadam Api 21 unit
Genset 2 unit
Sound System
Penangkal Petir

Pelaksana Proyek Pembangunan Tahap Pertama:
a. Konsultan Perencana : PT Hasrat Saruntung

b. Konsultan Pengawas : CV Rancang Cipta Asri

c. Pelaksana/Kontraktor : PT Sari Bumi Makmur

Pelaksana Proyek Pembangunan Tahap Kedua:
a. Konsultan Perencana : CV Wira

b. Konsultan Pengawas : CV Respec

c. Pelaksana/Kontraktor : CV Amien Jaya

Pembagian Ruangan

Lantai I :

  • Ruang Tunggu
  • Ruang Kepala Seksi Kas & Verifikasi SPJ
  • Ruang Kepala Seksi Layanan & Manfaat
  • Ruang Kepala Seksi Kepesertaan
  • Ruang Arsip/Dosir Pensiun
  • Ruang Arsip Seksi Kas & Verifikasi SPJ
  • Ruang Makan Pegawai
  • Mushola
  • Dapur
  • Toilet

Lantai II :

  • Ruang Kepala Kantor Cabang
  • Ruang Kepala Seksi Umum & SDM
  • Ruang Seksi Keuangan
  • Ruang Server Komputer
  • Ruang Rapat
  • Ruang Perpustakaan
  • Gudang ATK
  • Gudang Peralatan
  • Auditorium
  • Toilet

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]