KC Mamuju

 

IMG-20160102-WA007

Sekapur Sirih oleh Kepala Cabang

Melalui perjalanan dan pengalaman yang panjang memasuki usia tujuh dasawarsa, PT Taspen (Persero) semakin eksis dalam memposisikan diri sebagai perusahaan asuransi sosial kelas dunia bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dengan Misi menjadi pengelola dana pensiun dan tabungan hari tua (tht) serta jaminan sosial lainnya yang terpercaya, PT Taspen memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh peserta, dengan pelayanan melebihi harapan peserta. Hal ini didukung dengan semangat pelayanan dan integritas yang tinggi serta layanan dan kinerja selalu ditingkatkan.

Profil Kepala Kantor Cabang Mamuju

Nama Lengkap             : Imam Syari'at

Tempat/Tanggal Lahir     : Rembang, 05 Mei 1965

Agama                    : Islam

Pendidikan Terakhir      : Strata 1 Hukum

 

 

 

Riwayat Jabatan              :

1. 1989, Pelaksana pada Taspen Kantor Cabang Utama Semarang

2. 2010, Kasi Data Peserta & Pemasarang pada Taspen Kantor Cabang Tanjung Pinang
                                                                 
3. 2012, Kasi Adm Data Peserta Taspen Kantor Cabang Tanjung Pinang
                                      
4. 2014, Kasi Kepesertaan pada Taspen Kantor Cabang Tanjung Pinang
                  
5. 2014, Kasi Kepesertaan pada Taspen Kantor Cabang Utama Jakarta
                    
6. 2014, Asisten Manajer Analisis Data Peserta Kantor Pusat
              
7. 2016, Asisten Manajer Tata Usaha Perusahaan Kantor Pusat

8. 2017, Kepala Kantor pada PT TASPEN (Persero) Cabang Mamuju

Sejarah PT Taspen
Konferensi Kesejahteraan Pegawai Negeri yang diselenggarakan tanggal 25 – 26 Juli 1960 dengan hasil yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Pertama RI No.388/MP/1960 tanggal 25 Agustus 1960 yang antara lain menetapkan perlunya pembentukan jaminan social sebagai bekal bagi Pegawai Negeri dan keluarganya disaat mengakhiri pengabdiannya kepada Negara. Sebagai realisasi dari konferensi tersebut pada tanggal 17 April 1963 melalui Peraturan Pemerin-tah No. 15 tahun 1963 didirikan Perusahaan Negara Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (PN TASPEN). Tujuan didirikannya Perusahaan Negara Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan Pegawai Negeri pada saat mencapai usia pensiun. Perubahan bentuk PN TASPEN menjadi PERUM TASPEN serta mendapat peningkatan status dari Perusahaan Negara menjadi Perusahaan Umum berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor: Kep.749/MK/11/1970 tanggal 18 Nopember 1970. Perubahan PERUM TASPEN menjadi PT TASPEN (PERSERO) sejak ditetapkannya Peraturan Pemerintah RI No.: 25 Tahun 1981 (Bab.VIII Pasal 13 Badan Penyelenggara dan disahkan dengan Akte Notaris Imas Fatimah No.4 tanggal 4 Januari 1982 dengan nama PT TASPEN (PERSERO). Peningkatan Modal dasar yang disetor dari semula Rp 10 miliar menjadi Rp 12.5 Miliar. Peningkatan modal disetor dari Rp 12.5 miliar menjadi Rp 100 miliar.

Profil Kantor Cabang Mamuju
Sejarah PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Mamuju pertama kali beralamat di JL.Ahmad Yani No.8 – Mamuju 91511 dibentuk berdasarkan Keputusan Direksi Nomor SK-38/DIR/2009 pada tanggal 29 Juli 2009 tentang Pembukaan PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Tanjung Pinang, Mamuju, dan Manokwari. Saat ini kantor yang ditempati oleh PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Mamuju masih menggunakan Gedung Sewa. Selanjutnya Gedung Permanen PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Mamuju yang beralamat di JL.Martadinata Simboro Rangas – Mamuju Telp. (0426) 2325222 Fax. (0426) 2325111 diresmikan pada tanggal 23 Desember 2015 oleh Gubernur Sulawesi Barat dan dihadiri oleh Direktur Utama PT Taspen (Persero).

Wilayah Kerja PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Mamuju Terdiri dari 2 (dua) KPPN meliputi KPPN Mamuju dan KPPN Majene, serta 7 (tujuh) Pemerintah Daerah Meliputi Pemprov Sulawesi Barat, Pemkab Mamuju, Pemkab Mamuju Tengah, Pemkab Mamuju Utara, Pemkab Majene, Pemkab Polewali Mandar, dan Pemkab Mamasa.

PT TASPEN (Persero) sebagai penyelenggara Asuransi Sosial termasuk Asuransi Dana Pensiun dan Tabungan Hari Tua bagi Aparatur Sipil Negara. Program yang dikelola adalah :

1. Program Tabungan Hari Tua (THT) dengan iuran peserta sebesar 3,25% dari penghasilan sebulan tanpa tunjangan pangan.

2. Program Dana Pensiun dengan iuran peserta sebesar 4,75% dari pengasilan sebulan tanpa tunjangan pangan.

3. Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dengan iuran peserta sebesar 0,24% dari penghasilan sebulan tanpa tunjangan pangan.

4. Program Jaminan Kematian (JKM) dengan iuran peserta sebesar 0,30% dari penghasilan sebulan tanpa tunjangan pangan.

Saat ini PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Mamuju melayani melayani peserta sebanyak 48.355 orang (Per 31 Januari 2016), yang terdiri dari peserta aktif 36.097 orang dan peserta pensiun 12.258 orang dan bekerja sama dengan Mitra Bayar Pensiun yaitu PT POSINDO dan Perbankan seperti Bank BRI, BTPN, BPD Sulselbar, Bank Muamalat, dan Bank Syariah Mandiri.

PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Mamuju telah bekerja sama dengan seluruh Pemerintah Daerah di wilayah kerjanya dalam pengelolaan data gaji melalui Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Gaji (SIM Gaji) sejak tahun 2014.

PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Mamuju telah bekerja sama dengan beberapa Instansi terkait seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja di wilayah kerjanya melalui program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).