

Autentikasi Makin Mudah Lewat Aplikasi Andal by Taspen: Begini Caranya!
Autentikasi Makin Mudah Lewat Aplikasi Andal by Taspen: Begini Caranya!
taspen.co.id - 02 Juli 2025 11:04:10 by Sekretaris Perusahaan
taspen.co.id - 02 Juli 2025 11:04:10 by Sekretaris Perusahaan

Jakarta, 02 Juli 2025 – PT TASPEN (Persero) terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan kepastian layanan kepada peserta khususnya pensiunan, penerima tunjangan veteran, dan penerima dana kehormatan. Salah satu bentuk layanan yang perlu dilakukan secara rutin oleh peserta pensiun adalah proses Autentikasi, yaitu proses verifikasi untuk memastikan bahwa manfaat program pensiun dan tunjangan benar diterima oleh pihak yang berhak menerima. Autentikasi dilakukan bertujuan untuk menjaga ketepatan sasaran dalam penyaluran manfaat dan menghindari keterlanjuran bayar apabila penerima sudah tidak berhak menerima manfaat program pensiun.
Corporate Secretary TASPEN Henra, mengatakan “Hadirnya Autentikasi merupakan bentuk transformasi digital TASPEN untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi peserta pensiun dalam menerima manfaat program pensiun. Hanya dengan melakukan swafoto melalui Aplikasi Andal by Taspen, peserta tidak perlu lagi datang ke Kantor Cabang TASPEN untuk menerima manfaat pensiun bulanan. Dengan adanya Autentikasi ini maka TASPEN bisa mengurangi keterlanjuran bayar kepada pihak yang tidak berhak menerima manfaat.”
Sebelum melakukan Autentikasi, peserta diharapkan sudah melakukan perekaman data biometrik (enrollment) sebelumnya untuk mempermudah proses autentikasi. Bagi peserta yang mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) dan yang belum melakukan perekaman data biometrik di TASPEN maupun mitra bayar, kini peserta dapat langsung mendaftar dengan memilih opsi "Daftar" pada aplikasi Andal by Taspen, lalu melakukan scan KTP dan dilanjutkan dengan mengisi data serta melakukan swafoto (selfie). Fitur ini diharapkan dapat memudahkan peserta dalam melakukan verifikasi klaim dan layanan nonklaim kapan saja dan di mana saja melalui ponsel pribadi, tanpa perlu meninggalkan rumah.
Autentikasi dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu Autentikasi Manual dan Autentikasi melalui Aplikasi Andal By Taspen. Pertama, Autentikasi Manual dilakukan oleh Mitra Bayar ketika penerima pensiun hadir langsung ke kantor Mitra Bayar atau saat Mitra Bayar melakukan Layanan Klaim Pensiun Pertama (LKPP). Mitra Bayar akan melakukan verifikasi data dan identitas peserta secara langsung untuk memastikan bahwa manfaat pensiun diberikan kepada penerima yang sah. Kedua, TASPEN menyediakan metode autentikasi berbasis teknologi melalui penggunaan smartphone. Autentikasi ini dilakukan oleh penerima pensiun dengan mengakses aplikasi Andal by TASPEN. Melalui aplikasi tersebut, peserta dapat melakukan verifikasi secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi biometrik. Peserta diminta untuk melakukan swafoto (selfie) yang kemudian peserta akan mendapatkan pesan konfirmasi “Proses Autentikasi Anda Berhasil”. Untuk lebih jelas, berikut cara melakukan Autentikasi melalui aplikasi Andal by Taspen :
Unduh aplikasi Andal by Taspen di Playstore dan Appstore.
Pilih menu Autentikasi pada halaman awal aplikasi Andal.re
Input data identitas seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor TASPEN (NOTAS), atau Kartu PNS Elektronik (KPE) pada halaman Autentikasi.
Setelah verifikasi data, peserta diminta untuk melakukan swafoto (selfie) guna perekaman data biometrik.
Peserta akan menerima pesan konfirmasi, “Proses Autentikasi Anda Berhasil. Terima Kasih, Bapak/Ibu Telah Melakukan Autentikasi Bulan Ini.”
Peserta TASPEN KC Palu, Bahran mengatakan “Dengan aplikasi Andal by TASPEN, saya bisa Autentikasi sendiri dari rumah tanpa harus jauh-jauh ke Kantor Cabang. Autentikasi TASPEN ini mudah dan cepat, tidak perlu antri panjang lagi.”
Bagi Pensiunan yang tidak melakukan Autentikasi secara berkala, pembayaran manfaat program pensiun akan di hentikan sementara jika tidak melakukan otentikasi 3 bulan berturut-turut. Bagi Pensiunan yang telah meninggal, atau anak tertunjang yang telah dewasa /menikah/bekerja namun tidak melaporkan ke Mitra Bayar atau Kantor Cabang TASPEN, maka akan ditagih dari keterlanjuran bayar uang pensiun yang dibayarkan.
Autentikasi merupakan bagian dari transformasi layanan yang dijalankan TASPEN untuk menghadirkan pelayanan publik yang lebih mudah, cepat, dan transparan. Inisiatif ini sejalan dengan Asta Cita Presiden Republik Indonesia, khususnya dalam memperkuat tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, dan berbasis digital. Sebagai BUMN yang bergerak di bidang jaminan sosial, TASPEN terus menghadirkan inovasi melalui teknologi, termasuk melalui aplikasi Andal by TASPEN, guna mempermudah proses autentikasi bagi para penerima pensiun di seluruh Indonesia. Langkah ini sekaligus mendukung arahan Danantara Indonesia untuk mempercepat integrasi layanan digital nasional yang inklusif dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Ke depan, TASPEN akan terus memperkuat pelayanan berbasis digital untuk mendorong efisiensi, memperluas jangkauan, dan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional.
TASPEN mengimbau kepada seluruh penerima pensiun dan masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan TASPEN. Seluruh informasi resmi mengenai layanan TASPEN dapat diakses melalui situs resmi www.taspen.co.id, media sosial resmi TASPEN, dan Call Center TASPEN 021-1500919.