TASPEN AKHLAK Culture Festival 2023 Untuk Tingkatkan Kinerja Perusahaan Yang Berkelanjutan

Jakarta, 3 Juli 2023 PT TASPEN (Persero) (TASPEN) senantiasa mengimplementasi AKHLAK yang merupakan core value BUMN pada perilaku keseharian dan membetuk suatu budaya kerja, mencakup setiap langkah operasional dan rencana bisnis. Dalam rangka memperingati 3 (tiga) tahun penerapan core values AKHLAK, TASPEN menyelenggarakan acara bertajuk “TASPEN Culture Festival” dengan kegiatan pembuka berupa Town Hall Meeting oleh Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih. Dilaksanakan secara hybrid yaitu secara luring di Kantor TASPEN Pusat, Jakarta (27/06) dan daring, kegiatan ini mengusung tema “AKHLAK Untuk Indonesia dan secara khusus membahas peran AKHLAK dalam peningkatan kinerja perusahaan yang berkelanjutan, serta penerapan Respectful Workplace Policy di lingkungan TASPEN Group (TASPEN beserta anak perusahaan, meliputi TASPEN Life dan TASPEN Properti). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Dewan Komisaris TASPEN, Direksi TASPEN, Insan TASPEN di seluruh Indonesia serta Direksi beserta seluruh Karyawan pada TASPEN Life dan TASPEN Properti. Adapun beberapa kegiatan lain yang akan diselenggarakan oleh TASPEN sampai bulan Agustus 2023, meliputi webinar series 74.5 PEN FM (TASPEN Forum Maslahat) dan game lain yang sarat akan AKHLAK. Selain itu, TASPEN akan turut aktif dalam mengikuti kegiatan bersama yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN untuk pegawai aktif perusahaan BUMN seperti Survei Tahap Intervensi AKHLAK Culture Journey, serta beberapa lomba antara lain, lomba Video Tiktok, lomba Desain Kemeja AKHLAK, dan lomba Koreografi jingle ‘BUMN untuk Indonesia’.

Direktur Utama TASPEN A.N.S. Kosasih mengatakan, “TASPEN sebagai perusahaan BUMN terus menerapkan core values AKHLAK dalam menjalankan proses bisnis perusahaan. Melalui berbagai kegiatan dalam acara TASPEN Culture Festival ini, diharapkan dapat menjadi pemicu semangat bagi Insan BUMN, khususnya Insan TASPEN untuk terus meningkatkan kinerja dengan menerapkan nilai-nilai utama dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif dalam setiap pekerjaannya. Berdasarkan hasil survei secara KPI korporasi, nilai indeks TASPEN saat ini mencapai 97,71% (high performance) dan menjadi bukti aktif TASPEN dalam menerapkan core values AKHLAK (mature/high culture alignment). Di samping itu, sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir tentang ‘Kebijakan Berperilaku Saling Menghargai di Tempat Kerja’ (Respectful Workplace Policy), seluruh Insan BUMN harus menerapkan perilaku saling menghargai di lingkungan perusahaan. Ke depan, TASPEN diharapkan dapat terus meningkatkan integritas dan senantiasa menjunjung prinsip core values AKHLAK dalam setiap penugasan dan pekerjaannya.”

Arahan Menteri BUMN Erick Thohir terkait ‘Kebijakan Berperilaku Saling Menghargai di Tempat Kerja’ mengatur tentang situasi dan kondisi lingkungan kerja yang aman, menghargai serta melindungi harkat dan martabat manusia. TASPEN melalui seluruh Insan TASPEN, senantiasa mengedepankan sikap saling menghormati, bebas dari diskriminasi, pengucilan atau pembatasan, perundungan dan pelecehan serta bentuk kekerasan lainnya (mental/fisik). Tidak hanya itu, setiap Insan TASPEN harus menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, kondusif, dan produktif untuk mendorong keberlanjutan perusahaan dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.

 

TASPEN senantiasa menjunjung tinggi integritas seluruh Insan TASPEN dan memegang teguh prinsip keterbukaan informasi dalam setiap proses bisnisnya. Segala hal terkait dugaan pelanggaran Respectful Workplace Policy, dapat dilaporkan melalui TASPEN Whistle Blowing System (WBS) pada laman www.wbs.taspen.co.id, email pengaduan@taspen.co.id, dan pesan SMS/Whatsapp +62 811 144 6666. Seluruh pelapor dugaan pelanggaran diimbau untuk memberikan bukti informasi pelanggaran maupun kronologi secara singkat dan detil yang diperkuat dengan bukti konkret. Informasi dugaan pelanggaran yang dilaporkan dapat diberikan secara transparan dan sejelas mungkin, guna menghasilkan upaya tindak lanjut yang lebih strategis. Tim WBS TASPEN berkomitmen menjunjung tinggi integritas kinerja dalam penyelesaian laporan dan menjamin kerahasiaan identitas diri maupun data pribadi pelapor.