TASPEN Gelar Program “Srikandi Goes to Campus” Untuk Mengembangkan Kompetensi Karyawan Perempuan

Yogyakarta, 17 Juli 2023 – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) berkomitmen untuk selalu mendukung pengembangan kompetensi dan kapabilitas karyawan perempuan di BUMN atau Srikandi BUMN. Untuk mendukung pengembangan para Srikandi, TASPEN bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan Srikandi BUMN menyelenggarakan kegiatan Srikandi Goes to Campus yang bertema “Kolaborasi Mengukir Prestasi Membangun Negeri” di Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta (17/07). Kegiatan ini dihadiri Pembina Srikandi TASPEN sekaligus Direktur Manajemen Risiko & Kepatuhan TASPEN Diyantini Soesilowati, Rektor Universitas Islam Indonesia Prof. Fathul Wahid, dan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. Selain itu, hadir juga dalam kegiatan ini Direksi TASPEN lainnya, yaitu Direktur Keuangan Rena Latsmi Puri dan Direktur Sumber Daya Manusia & Teknologi Informasi Ovita Susiana Rosya. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan gambaran kepada lebih dari 250 mahasiswa/i UII mengenai suasana kerja dan prospek pengembangan diri di perusahaan BUMN, khususnya TASPEN serta dapat memberikan dorongan kepada para mahasiswi untuk berkarir di perusahaan BUMN guna berkontribusi aktif membangun ekonomi bangsa.

Pembina Srikandi TASPEN sekaligus Direktur Manajemen Risiko & Kepatuhan TASPEN Diyantini Soesilowati mengatakan, “TASPEN senantiasa menjunjung tinggi keadilan dan kesetaraan di dalam lingkungan kerja dengan mengukur beban pekerjaan secara adil dan membuka kesempatan untuk karyawan perempuan menduduki posisi tinggi berdasarkan kemampuan akademik dan personal karyawan. Dengan begitu, situasi dan kondisi bekerja di TASPEN sudah cukup ramah bagi kaum perempuan. Kami berharap generasi milenial dapat melihat prospek yang cerah untuk berkarier di perusahaan BUMN, khususnya TASPEN untuk bersama meningkatkan peran dalam membangun ekonomi negara dan berkontribusi positif terhadap kesejahteraan sosial masyarakat Indonesia.”

TASPEN memahami bahwa perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki dalam hal karir dan pekerjaan. Kegiatan ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk meningkatkan jumlah perempuan dalam kepemimpinan BUMN sebagai pendorong perubahan dan kontribusi dalam pengembangan talenta yang dapat menumbuhkan nilai sosial dan ekonomi di Indonesia.

 

Pada kesempatan ini, Direktur SDM dan TI TASPEN memberikan informasi tentang program-program Kementrian BUMN yang dapat berkolaborasi dengan dunia pendidikan, seperti program Open Recruitment Bersama BUMN dan Magenta (Magang Generasi Bertalenta) BUMN yang dapat diikuti oleh mahasiswa Universitas Islam Indonesia.

TASPEN turut memberikan apresiasi pendidikan kepada 3 (tiga) mahasiswa berprestasi UII dan civitas Akademika UII atas nama Prof. Isfatimah, srikandi UII yang masuk ke dalam Top 2% world rangking scientist dari Stanford University, Apresiasi tersebut yakni pemberian laptop yang disampaikan oleh Direktur Keuangan TASPEN Ibu Rena Latsmi Puri.

Rektor Universitas Islam Indonesia Prof. Fathul Wahid mengatakan, “Dalam beberapa tahun terakhir kita sangat bangga ketika mengetahui bahwa kinerja BUMN semakin membaik. Beragam inovasi terus dilakukan dan dikembangkan, termasuk TASPEN. Semoga ilmu dan informasi yang dibagikan kepada para mahasiswa dan mahasiswi UII mengenai BUMN dan perempuan di lingkungan pekerjaan dapat bermanfaat bagi masa depan para peserta didik.”

Hingga saat ini, TASPEN memiliki tiga orang direksi perempuan atau setara dengan 43% dari jumlah seluruh jajaran direksi. Sebanyak 82,4% karyawan TASPEN merupakan generasi milenial dan >45% di antaranya merupakan karyawan perempuan.

TASPEN melalui program Srikandi TASPEN senantiasa membuka peluang bagi karyawan perempuan untuk terus bersemangat mengembangkan kapabilitas diri melalui beragam kegiatan yang positif. Diharapkan para generasi penerus dapat membangun karir yang sesuai dengan minat dan bidang yang digeluti, serta berkontribusi positif terhadap pembangunan negeri, khususnya melalui perusahaan BUMN, dalam hal ini PT TASPEN (Persero).