TASPEN dan KORPRI Bersinergi Hadirkan Program Jaminan Sosial bagi ASN di Seluruh Indonesia

Jakarta, 29 November 2023 – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN). Kali ini diwujudkan melalui aksi nyata berupa sinergi antara TASPEN dan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) untuk terus menyediakan Program Jaminan Sosial bagi ASN Seluruh Indonesia. TASPEN dan KORPRI sebagai organisasi ujung tombak yang memperhatikan kesejahteraan ASN berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas yang akan memudahkan ASN dalam mendapatkan manfaat dari program utama TASPEN maupun program tematik khusus bagi para ASN. Sinergi ini terlihat pada kegiatan Acara Puncak (Apel & Apresiasi Seni) HUT KORPRI 2023 yang dihadiri langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si., Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E., M.Si., Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH. MH., Direktur Operasional TASPEN Ariyandi, serta Direktur SDM dan TI TASPEN Ovita Susiana Rosya di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur (29/11).

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si., mengatakan, “KORPRI harus menjadi bagian dari penggerak kinerja birokrasi agar pembangunan berbagai program terlaksana dengan baik dan berdampak positif bagi masyarakat. KORPRI diharapkan menjawab tantangan zaman dengan memperkuat kompetensi digital dan budaya digital pada seluruh ASN, serta membentuk layanan digital pemerintah secara terpadu dengan mengutamakan kebutuhan Masyarakat.”

Semangat pelayanan secara digital sejalan dengan upaya yang dilakukan TASPEN dalam melayani ASN. Dengan pengalaman selama 60 tahun di bidang jaminan sosial, TASPEN secara aktif telah menghadirkan program dan layanan yang berkualitas bagi ASN dan secara berkala melakukan inovasi melalui penerapan sistem digitalisasi dan teknologi informasi terkini guna memudahkan peserta dalam pengurusan klaim dan non-klaim. Hingga Oktober 2023, TASPEN memiliki sebanyak 57 kantor cabang, 44 Mitra Bayar, lebih dari 17.849 titik layanan TASPEN, dan lebih dari 3 juta titik layanan digital TASPEN.

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH. MH., menyampaikan, “Sejalan dengan yang dilakukan pemerintah, KORPRI mendorong empat program utama, keempat program utama itu yakni peningkatan kualitas pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi, menguatkan ideologi dan karakter ASN, perlindungan karir dan bantuan hukum ASN, danpeningkatan kesejahteraan ASN.”

Perayaan HUT ke-52 KORPRI Tahun 2023 mengangkat tema “KORPRIKAN INDONESIA”. Melalui tema ini diharapkan seluruh ASN di Indonesia, baik di kantor pusat maupun pada kantor pemerintah daerah, dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan demi masa depan Indonesia Maju. Cita-cita ini sejalan dengan harapan yang dijunjung TASPEN, yakni menjadi perusahaan asuransi sosial dan dana pensiun yang mampu mewujudkan kesejahteraan peserta melalui kualitas layanan yang Unggul, Terpercaya, dan Berkelanjutan demi meningkatkan nilai ekonomi dan sosial Indonesia.

Direktur Operasional TASPEN Ariyandi mengatakan, “TASPEN selalu hadir untuk ASN Indonesia dengan 4 (empat) program, antara lain Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun. Seluruh layanan ini hadir untuk memastikan kesejahteraan ASN di Indonesia terjamin, sejak menjabat sebagai ASN aktif hingga memasuki masa pensiun. Dengan menghadirkan inovasi layanan dan program berbasis digital, TASPEN berupaya mendekatkan diri dengan peserta, salah satunya melalui aplikasi TASPEN One Hour Online Service (TOOS). Selain itu, TASPEN memudahkan ASN untuk mendapatkan rumah pertama melalui “Program ASN Housing”. TASPEN juga memiliki Program Wirausaha Pintar yang dapat meningkatkan kesejahteraan pensiunan ASN. TASPEN berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan layanan yang terbaik bagi peserta.”

Sinergi yang dihadirkan TASPEN bersama KORPRI melalui beberapa program diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan ASN di Indonesia selama mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). TASPEN terus berupaya meningkatkan efektivitas proses bisnis perusahaan, melalui penguatan teknologi digital yang agile, andal, aman, dan terintegrasi. 

Kerja sama TASPEN dan KORPRI dapat meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan ASN di seluruh Indonesia. Dengan total sebanyak 6,74 juta peserta TASPEN, di mana 3,68 juta peserta ASN aktif dan 3,06 juta peserta pensiunan, TASPEN secara aktif berupaya mengikuti perkembangan teknologi dan berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga, sehingga dapat berjalan bersama dengan satu tujuan yang sama.